Membuat Mail Merge di Word 2007/Create a Mail Merge in Word 2007

Pada awalnya saya mau membuat daftar nama undangan untuk pernikahan dan di print pada sticker label Tom & Jerry. Dari hasil mencari-cari di mbah Google, akhirnya ketemu juga caranya sebagai berikut :

At first I want to make a list of invitations for weddings and in print on sticker labels Tom & Jerry. From the results of searching the mbah Google, eventually also meet the following way:

1. Buka program Microsoft Excel 2007 anda dan buat daftar nama undangan anda dengan isian Nama dan Alamat, kemudian anda save dengan nama file daftar undangan.xlsx . Contoh sbb :

1. Open your Microsoft Excel 2007 program and make your invitation list with the name and address field, then you save the file name list undangan.xlsx. Example follows:

2. Kemudian kita buka aplikasi Microsoft Word untuk membuat draft label Tom & Jerry. Tapi kita ga usah ribet-ribet bikin draftnya, karena Tom & Jerry sendiri sudah menyediakan draft nya dan bisa di download di sini dan anda tinggal pilih model label yang seperti apa. Dalam kasus ini saya menggunakan model Label No.103 dan tampilannya seperti ini :

2. Then open the Microsoft Word application to develop a draft label Tom & Jerry. But we do not have to bother to make draft, as Tom & Jerry himself had prepared the draft and it can be downloaded here and you can choose the model of what kind of labels. In this case I use the model and it looks No.103 Label like this:

3. Sekarang kita mulai menggabungkan data yang di Excel dengan draft Tom & Jerry ini yaitu dengan memilih tab Mailings kemudian pilih Start Mail Merge dan pilih Letter

3. Now we begin to combine data in Excel with a draft of this Tom & Jerry by choosing the Mailings tab and then select the Start Mail Merge and select Letter

4. Kemudian pilih Select Recipients>Use Existing List maka akan muncul windows file browser, cari file excel yang kita buat tadi dengan nama daftar undangan.xlsx

4. Then choose Select Recipients> Use Existing List will display the file browser windows, find the excel file that we make this undangan.xlsx name list

5. Setelah file excelnya dipilih akan muncul pilihan sheet mana yang akan digunakan, pilih saja sheet 1, kemudian OK dan OK lagi maka data di excel telah masuk kedalam mail merge yang kita buat. Contoh dibawah ini :

5. After the selected files will appear excel sheet which option will be used, select only sheet 1, then OK and OK again then the data has been entered into excel mail merge that we make. Example below:

6. Kemudian kita arahkan kursor ke dalam draft tabel Word Tom & Jerry tadi. Kemudian pilih Insert Merge Field dan pilih Nama, setelah itu tekan Enter untuk meletakan kursor di bawah nama tadi yang di maksudkan untuk letak alamat. Lalu kita pilih lagi Insert Merge Field dan pilih Alamat.

6. Then we point the cursor to the draft table Word Tom & Jerry had. Then select Insert Merge Field and select the name, then press Enter to place the cursor under the last name in referring to the location of an address. Then we choose again the Insert Merge Field and select Address.

7. Di bawahnya lagi kita isikan dengan Next Record yang berfungsi memasukan macro secara otomatis yang akan memberikan perintah berpindah ke data selanjutnya di dalam file database excel. Contohnya bisa dilihat sbb :

7. Underneath again we fill with the functioning Next Record macros automatically insert that will give the command to move to the next data in the excel database file. Examples can be seen as follows:

8. Terakhir kita tinggal drag isi dari label pertama mulai dari Nama, Alamat dan Next Record, kemudian Copy Paste pada setiap labelnya. Hasilnya bisa kita dapat seperti berikut :

8. Finally we can drag the contents of the label’s first start of the Name, Address and Next Record, and then Copy Paste on every label. The result we can get something like this:

9. Untuk melihat hasilnya pilih Priview Result dan hasilnya seperti berikut :

9. To see the results select Priview Result and the results as follows:

10. Sekarang kita tinggal print dengan memilih Finish Merge>Print Document (jangan lupa masukan label Tom & Jerry nya di printer) atau jika mau di save ke document word lain pilih Finish Merge>Edit Individual Documents.

10. Now we can print by selecting Finish Merge> Print Document (do not forget to input the label of  Tom & Jerry on the printer) or if you want to save the document in another word select Finish Merge> Edit Individual Documents.

Semoga Bermanfaat.

Hopefully Helpful.

21 Responses

  1. thanks its so mean to me🙂

  2. thanks alot bro……

  3. thx info nya ,,, jadi lebih pinter ne …

  4. sumpah ini yang ane cari dari kemaren. ane tau cara make office 2003, tapi pas di 2007 jadi bingung, makasih banyak yo’🙂

  5. thanks banget infonya, cuma kalo ke lembar kedua kok ada nama yg diulang ya…

  6. mas kalo aku nyampe di next record kemudian sy tekan prevew kog datany andak muncul di label knapa

  7. Makasiiiih ya mas…🙂
    Berguna banget… ^^

  8. Tutorial yang mantaps. Very Good … Thanks.

  9. gmn ukuran klo labelx berkolom 2 n berbaris 5 jd jmlhx 10. soalx biar hemat pengeluaran masalax dah mepet pestax tggl 1 jan 2012…mohon bantuanx..makasih sblmx…A.S.A.P. ^_^

  10. Thankss..Bro..gw sedot ilmunya…makin ganteng aja nih Boss?
    gw udah baca2 lama..ehh ga tau nya gw kenal roman Mukanya, ..hehehheheh , by : Mansyur ex Tissana B2

  11. Bro, thanks utk lessonnya.
    Klo printer set up nya hrs diubah ga yah? Ga pas terus ni waktu di print. Klo tipe kertas di printer, hrs diubah juga ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: