Install Win XP di Compaq Presario CQ40-143TU

Awalnya di suruh my bro bwat downgrade notebook Compaq Presario CQ40, karena bawaan dari compaqnya kan Vista ‘n vista susah banget kalo jalanin software banyak yang ga support…jadinya terpaksa di downgrade ke XP..

langsung aja gw booting tuh notebook pake cd win xp, ditengah perjalanan, weiks….ternyata blue screen…coba berulang-ulang..tetep ga bisa juga…akhirnya gw tanya ma mbah google, dan ternyata…wew..emang musti pake cara yg ga biasa untuk downgrade ke XP, sebenarnya masalahnya adalah XP SP2tidak mengenal AHCI, berarti kita harus membuat XP ini mengenal IDE/SATA agar bisa diistall XP SP2. Berikut ini cara yang aku tempuh dan berhasil.untuk itu gw mo coba share langkah-langkahnya :

1. Download 3 Program dibawah ini

  • Net Framework (bisa download di sini)
  • NLite (bisa download di sini)
  • ICH9 Sata Driver (bisa di download di sini)

2. Setelah semua download, install Net framework dahulu.

3. Buat folder baru untuk master Win Xp (contoh D:\WinXPLite)

4. Setelah selesai install NLite.

a. Jalankan nlite.exe

1

b. Masukan CD Windows XP

c. Arahkan “Browse” ke CD Room tempat CD XP selanjutnya pilih folder untuk menyimpan file ISO nya yang tadi kita buat (contoh D:\WinXPLite)

2

d. Tekan Next

3

e. pilih option driver dan Bootable ISO biar nanti bisa langsung di ‘burn’ di CD

4

f. pilih insert, cari driver SATA ACHi di folder komputer kamu

5

g. Hati-hati saat option ini muncul, pilih ICH9M-EM SATA AHCI Controller

6

h. Kemudian pilih “Yes”

7

i. Tekan Next

9

j. masukkan cd kosong, silahkan pilih nama untuk cd anda, pilih “burn” untuk memulai proses burning

10

k. Proses Burning Slesai

12

5. Anda telah selesai membuat CD windows xp yang sudah di tambahkan driver Sata AHCI Controler

6. Restart notebook anda, kemudian booting dengan CD XP yang baru anda buat tadi

7. Ikuti langkah-langkah instalasi win xp seperti biasa

8. Ga cuma sampe situ aja, setelah selesai install OS XP, skarang anda di diminta driver-drivernya yang masih banyak belum otomatis terinstall..cek by recek selama 2 hari di mbah google, akhirnya ketemu juga drivernya untuk Win XP di sini

9. Tidak cukup dengan driver yang sudah di download barusan, anda juga musti download file untuk downgrade BIOS nya di sini supaya soundcardnya bisa terdeteksi.

10. setelah file BIOS sudah di download, extract, kemudian jalankan file Winflash.bat, kemudian restart notebook.

11. setelah di restart, soundcard akan terdeteksi, kalau driver belum terdeteksi, jalankan file driver sound yang sebelumnya sudah di download.

SEMOGA BEHASIL…


58 Responses

  1. makasih mas sharex… mantabs…
    tapi kenapa yah pas format hardisk bilangx HDD damage n belum terpartisi… trus ada ngmong mslh SCSI ????
    waktu pake nlitex sy pake driver yg mas kasih di indowebster tu… kmpulan driver…
    sy pake Presario CQ40-108TU
    mohon pencerahannya… ~o)

  2. Seperti yang udah dijelaskan di awal mas, untuk XP tidak bisa mengenal AHCI Jadi kita harus menambahkan driver AHCI di CD Windows XP yang mau kita install..untuk driver AHCI nya bisa download di link yang saya kasih ( http://downloadcenter.intel.com/Detail_Desc.aspx?agr=Y&ProductID=2991&DwnldID=16759&strOSs=All&OSFullName=All%20Operating%20Systems&lang=eng )

  3. mas mau ty kok setelah sy install xp driver audionya gak bisa di instal ya mas gmn tu solusinya??

  4. mas dodie, kok saya download untuk file dos-nya di ziddu susah sekali ya?disco melulu.
    saya pake cq40-337tu, bisa tidak?

  5. Terima kasih Bro atas segala informasi dan bantuannya

  6. @ Albertus : seperti yang sudah dijelaskan mas, audio memang tidak terdeteksi, coba di downgrade BIOS nya ke versi F11E, untuk cara downgradenya coba download software downgradenya di keterangan no.9

    @ Dicky : coba di link ini mas : http://www.indowebster.com/BIOS_F11E_Presario_CQ40.html itu saya uploadin di situ

    @ Aweng : Yups sama sama bro…

    • Sory neh bro, ane mau tanya langkah untuk install sukses all bro, tapi masih ada software yang tidak sukses di bagian network Realtex LAN Family nya bro (saya Cek dimanage comp ), saya pake CQ40-337TU ditunggu solusinya yan bro.thanks.

  7. Thank’s y boz…
    Infonya sangat berguna..
    Punya Website Apa? Alamatnya Email y…

    rohman@daehan.co.id

  8. Sory neh bro, ane mau tanya langkah untuk install sukses all bro, tapi masih ada software yang tidak sukses di bagian network Realtex LAN Family nya bro (saya Cek dimanage comp ), saya pake CQ40-337TU ditunggu solusinya yan bro.tks.

  9. sy pake compaq presario cq40 108tu n sy sudah rubah ke xp,tp sy kesukitan wt download driver lan cardnya. mohon bantuannya……….klo bisa krim ke email sy ya mas…

  10. @ Aweng & Ari : Udah Coba Pake Yang di Indowebster? disitu kan lengkap drivernya….nih link nya…http://www.indowebster.com/search.php?keyword=presario+cq40 Udah saya kirim ke email masing2 juga…! coba di cek

  11. MUAKASIIIH

  12. terimaaaaaaaa kasiiiiiiiihhhhh… aku udah berhasil nyoba… untuk xp yg aku pake xp sp2. (itupun bajakan) ternyata berhasil…

  13. klo biosnya di downgrade.. apakah tidak ada resiko .. ?

  14. untuk yang masih kesulitan dengan Lancard.. coba donlod disini : http://www.radarsync.com/drivers/d174290-realtek_rtl8168c(p)/8111c(p)_pci-e_gigabit_ethernet_nic , saya sudah coba.. dan berhasil.
    sekali lagi terima kasih banyak untuk dodi satriani (jadi inget joe satriani )

  15. @ Pras : awalnya saya juga ragu downgrade bios takut masalah…tapi hasilnya bisa dan audio bisa jalan…

  16. Bro, cara update biosnya gmna ya

  17. ada cara lain gak bro selain dengan update bios untuk dapat menyalakan soundnya,tks.

  18. kalo untuk mengembalikan BIOS seperti semula , bisa gak ?

  19. Thank…for you solution…
    Sukses..bos…dodie satriani
    thx…….thx…….

  20. saya udah coba seperti langkah kerja yang mas buat tapi kok ga bisa ya?
    dgr2 XP SP 2 na msti yang asli ya?
    plizzz…. mohon bantuannya

  21. skedar urun rembug ajah…

    kmaren juga punya masalah ama instal Xp di Lepi seri CQ40 an…setelah di downgrade biosnya ( penuh ragu2 dan takut2 ) akhirnya tak coba juga…. hardware sound sih udah kedetec tp tetep gmw keluar suaranya..akhirnya tak coba instal driver sound card punya nya windows seven yang 32 bit ( cari situs resminya compaq )…eh2 ternyata berhasil….

    sound keluar jernih sekali…:)..
    ada yang mau coba ?? hehe.. g beresiko kok…

  22. trimakasih infox…, sy sdh sukses instal XP di notebok sy compaq presario cq40.

  23. mas suond card nya kalau direstat hilang

  24. ribet banget…kok saya install gk seribet ini ya

  25. Mohon Bantuan..

    Setelah downgrade BIOS, kenapa Wireless Card menyebabkan system halted, yang menyebabkan tidak bisa masuk ke Windows. Setelah WIFI card dilepas, bisa berjalan normal, tapi tanpa fasilitas WIFI.

    Mohon solusinya

    • type notebooknya / wireless cardnya sama boss? yang saya pernah coba type wirelesscardnya intel. dan setelah downgrade BIOS tidak ada masalah.

      • Sama dengan Heri, saya juga baru downgrade bios dan muncul tulisan system halted, saya pakai cq40-602tu.
        mohon pencerahannya mas, thanks

  26. oke informasinya mau ane coba,pantesan instal windows xp2 blue screen layarnya,dikira cd romnya bermasalah coba
    pke flasdisk pke software usbpre8 ama petousb agar bisa instal dengan flasdisk ga bisa juga oh jadi untuk presario CQ40 mesti pke n-lite yg disebutkan diatas,mas klo ane coba yg mas informasikan terus bermasalah juga minta pencerahannya lge,thank`s

  27. thxn gan infonya…

    sya mw nanya nih…
    kalo biosnya duh di donwgrade,, ntr mslnya ingin install vista ato seven apa mash bisa ????? ato msti di upgrade biosnya Gan (kembali ke semula) ??????
    apa bisa sperti itu ?????

    mhon pencerahan Gan,, sya pake win 7,, byk program2 yg sya buat di XP gk bsa jalan…

    thnx gan…

    yonni.cukya@gmail.com

  28. Tak ada kata yang lebih indah selain TERIMA KASIH, HATUR NUHUN, MATUR SUWUN SANGET Mas…May God Lead your soul to the straight way. Amen…

  29. Setelah di Install dan reboot to windows, ternyata masih muncul blue screen of death. Apa karena ini AHCI nya saya ambil dari tempat lain? Soalnya, yang link di sini sudah tidak bisa mas…?

  30. para pembaca yang baik hati, gimana cara install xp pada laptop compaq cq40-530tu tolong informasinya…!

  31. thanks infonya

  32. Saya kemarin saat instal Window XP
    Vista Orginal Sertifikatnya dan soundnya tidak nyala
    jadi saya format C:
    tetapi masalah besar terjadi,
    System RECOVERY tidak bisa jalan saat di klik
    Ctrl+F11 pada saat Nyala pertama

    minta tolong donk

    • untuk win xp memang perlu cara lagi agar soundnya nyala, di postingan ini ada kok cara2nya.
      biasanya kalau berhasil install Win XP, akan ada 2 partisi (jika pada saat install xp nya tidak dipartisi), atau 3 partisi (kalau saat install xp nya di bikin partisi buat data). nah 1 tambhan partisi ini yang menyimpan system recovery, kalau partisi ini hilang maka recover ke Factory Default tidak akan bisa. kalau memang sudah terformat partisi untuk recoverynya, maka solusinya ya install ulang vista nya, dengan key yang sama saat beli (kalau tidak salah di bagian bawah notebook ada produc key ori nya)

      • Recovery-nya belum terformat
        tapi saat nyala pertama mau di recovery pake Ctrl+f11 tidak bisa
        sepertinya ada data yang seharusnya tidak di format di C: seperti data boot.ini lagi
        atau data autorun yang mengaktifkan Recovery di E: yang ada di system32, saya belum tahu pasti
        saya juga sudah coba menginstal software di atas tapi belum saja bisa
        padahal laptop belum pernah kemasukan virus
        Kayak merasa bersalah nginstal pake XP, tanpa membaca saran dari BOS dulu
        Tolong solusinya ya BOS

  33. mas, klo untuk cq40-717 apakah bisa dengan cara seperti diatas tadi??? mohon petunjuknya..

  34. Bro, ane mau tanya. ane ada compaq presario CQ40-324TU, kompi ini sebenarnya di desain buat OS apa sih? Karena ane punya masalah gini, kompie ini saat booting atau masuk settingan BIOS tampilannya bagus gak ada masalah, tapi begitu sudah masuk windows 7 tampilannya jadi bintik-bintik. Ane udah instal Driver2nya termasuk driver VGAnya.

    Apakah kompie ini tidak cocok dengan Windows7? Sebab di BIOS ditulis “OS installed = non VISTA” Apakah kompi ini harus pakai vista supaya bekerja normal? Mohon bantuannya ya.

    • Setau saya untuk versi cq40 memang di desain untuk vista, tapi biasanya untuk versi windows vista ke atas kompatible kok, mungkin driver VGA yang dipake tidak cocok, coba download di situs resmi HP, biasanya kalau ada versi windows baru dia akan update.

  35. mas brow.. stlh bios di downgrade gmn cara upgrade biosnya kembali??

  36. mas gimana klo CQ40-530 TU
    APA ada perbedaan?
    minta tolong link download driver untuk CQ40-530 TU donk mas
    thanks

  37. I like the helpful info you provide in your articles. I will bookmark your weblog and check again here frequently.
    I am quite sure I’ll learn lots of new stuff right here! Best of luck for the next!

  38. Hi there to every one, as I am genuinely eager of reading this website’s post to be updated on a regular basis. It contains good information.

Leave a Reply

