Hasil Race GP F1 China – Vettel Tenang dan Gemilang

vettel-reu-elias-isi

Shanghai – GP China menjadi etalase pertunjukan dari kemampuan seorang Sebastian Vettel. Pembalap Red Bull itu menaklukkan lintasan basah Sirkuit Shanghai untuk keluar sebagai jawara.

Hujan sudah mengguyur sirkuit semenjak lomba belum dimulai, Minggu (19/4/2009). Alhasil, lomba pun dimulai dengan rolling start di bawah panduan safety car selama beberapa lap.

Delapan lap memandu lomba, safety car akhirnya masuk lagi ke garasi. Sempat ada beberapa pembalap yang masuk pit, posisi terdepan masih dikuasai Vettel yang start dari pole dan diikuti oleh Mark Webber dan Rubens Barrichello.

Lewis Hamilton membuat aksi pertama di lomba ketika menyusul Kimi Raikkonen di lap sembilan dengan memanfaatkan KERS di mobil McLarennya. Namun dua lap kemudian pembalap Inggris itu melintir dan tergusur ke posisi 10 karena disalip tiga pembalap lain.

Vettel kehilangan posisi terdepan akibat pit stop di lap 15 setelah satu lap sebelumnya Webber yang melakukannya. Pimpinan lomba berpindah tangan ke Jenson Button yang dikuntit Barrichello.

Safety car kembali beraksi di lintasan di lap 18. Penyebabnya adalah ketika Robert Kubica menabrak Jarno Trulli dari belakang. Mobil BMW Kubica naik ke punggung mobil Trulli namun pembalap Polandia itu masih bisa melanjutkan lomba sedangkan Trulli harus minggir.

Di bawah SC, Ferrari kehilangan Massa di lap 20. Mobil merah nomor tiga itu tiba-tiba berhenti saat sedang berakselerasi di trek lurus. Persoalan mesin tampaknya menghinggapi Massa kali ini.

Di lap ke-21, safety car keluar lintasan dan Vettel memimpin di depan Button, Webber, Hamilton dan Raikkonen.

Dua posisi terdepan mulai dikuasai Red Bull ketika Button nyelonong keluar lintasan di lap 29. Webber segera menyalip pembalap Inggris itu untuk menguasai peringkat dua. Selama dua lap berikutnya, Button mencoba menyalip lagi namun Webber dengan baik mempertahankan posisi.

Lap 37, Vettel kembali melorot akibat pit stop. Tiga lap berikutnya, Vettel merebut lagi posisi teratas setelah Webber masuk pit dan pemuda Jerman itu dengan gemilang menyusul Button di peringkat dua.

Button kian menurun ketika ia harus melakukan pit stop di lap ke-42. Ketika kembali masuk lintasan, pemenang GP Australia dan GP Malaysia itu berada di posisi empat.

Mimpi Adrian Sutil untuk merebut poin kandas ketika pembalap Force India itu melintir dan menabrak tembok di lap 50. Padahal, pembalap Jerman itu tengah berada di posisi keenam yang akan diganjar tiga angka.

Di sisa balapan, posisi pembalap tidak banyak berubah. Vettel dengan tenang menyetir mobilnya minus kesalahan dan menjadi pembalap pertama yang melihat chequered flag disusul oleh Webber dan Button di posisi dua dan tiga.

Hasil GP China:
1. Vettel Red Bull
2. M Webber Red Bull
3. J Button Brawn
4. R Barrichello Brawn
5. H Kovalainen McLaren
6. L Hamilton McLaren
7. T Glock Toyota
8. S Buemi Toro Rosso
9. F Alonso Renault
10. K Raikkonen Ferrari
11. S Bourdais Toro Rosso
12. N Heidfeld BMW Sauber
13. R Kubica BMW Sauber
14. G Fisichella Force India
15. N Rosberg Williams
16. N Piquet Jr Renault

Tidak finis
17. A Sutil Force India
18. K Nakajima Williams
19. F Massa Ferrari
20. J Trulli Toyota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: