Perhitungan Upah Lembur

Berawal dari ingin cari tau apakah lembur di kantor gw sudah sesuai dengan perhitungan depnaker? Akhirnya gw dapet jawabannya sebagai berikut :

Berdasarkan UU, perhitungan upah lembur didasarkan pada upah bulanan, dengan cara perhitungan 1/173 kali upah sebulan.

Dalam hal terjadinya perbedaan tentang bersarnya upah lembur ditetapkan oleh pegawai pengawas ketenagakerjaan kabupaten/kota atau pegawai pengawas ketenagakerjaan propinsi atau oleh pegawai pengawas ketenagakerjaan pusat

Untuk lebih jelasnya perbandingan pelaksanaan upah lembur dapat dilihat pada table di bawah ini

No Kerja Lembur Waktu Kerja 7 Jam sehari dan 40 Jam Seminggu Waktu Kerja 8 Jam sehari, 5 Hari Kerja, dan 40 Jam Seminggu
1 Pada hari kerja biasa Kerja lembur dimulai sesudah jam kerja ke 7 Kerja lembur dimulai sesudah jam kerja ke 8
2 Pada hari kerja terpendek Kerja lembur dimulai sesudah jam kerja ke 5 Tidak ada hari kerja terpendek
7 jam pertama untuk setiap jamnya dibayar 2 X upah sejam 8 jam pertama untuk setiap jamnya dibayar 2 X upah sejam
Jam pertama setelah 7 jam dibayar 3 X upah sejam Jam pertama setelah 8 jam dibayar 3 X upah sejam
3 Pada hari istirahat mingguan 7 jam pertama, setiap jamnya dibayar 2 X upah sejam 8 jam pertama, setiap jamnya dibayar 2 X upah sejam
Jam kedelapan dibayar 3 X upah sejam Jam kesembilan dibayar 3 X upah sejam
Jam kesembilan dan seterusnya dibayar 4 X upah sejam Jam kesepuluh dan seterusnya dibayar 4 X upah sejam
4 Pada hari libur resmi yang jatuh pada hari biasa 7 jam pertama, setiap jamnya dibayar 2 X upah sejam 8 jam pertama, setiap jamnya dibayar 2 X upah sejam
Jam kedelapan dibayar 3 X upah sejam Jam kesembilan dibayar 3 X upah sejam
Jam kesembilan dan seterusnya dibayar 4 X upah sejam Jam kesepuluh dan seterusnya dibayar 4 X upah sejam
5 Pada hari libur resmi yang jatuh pada hari kerja terpendek 5 jam pertama untuk setiap jamnya dibayar 2 X upah sejam Tidak ada hari kerja terpendek
Jam keenam dibayar 3 X upah sejam
Jam ketujuh dan seterusnya dibayar 4 X upah sejam

Sumber : Ilmu Hukum

Ternyata jauh dari yang sesuai dengan depnaker…:-(

About these ads

14 Responses

  1. Wakakakakak,,,

    Bearti gue ga salah dunks sob,,, over time hari libur berdasarkan Depnaker apa HRD…

  2. ah elu dod, dari dulu kali dah begitu, lu ikut apa kata marno aja. cabut mendingan dah, lu klo di JN mah itungannya lillahi ta’ala.

  3. :)) sabar y kaka2quw.. :)

  4. kalo shift malam, sama gak perhitungannya dengan upah lembur????

    • 1. kalo yang dimaksud shift malam itungan lembur atau tidak => ya pasti nggak karena kan hitungannya emang kerjanya jam malam.
      2. kalo yang dimaksud pada saat shift malam ada kelebihan jam kerja => ya masuk lembur dunk

      CMIIW…

  5. bagaimana kalau gajinya turun naik apakah ada uu nya

    • wah kalo gaji bisa turun naek itu aneh, karena kalau mengacu pada UMR klo kita lihat trend nya selalu naik. kalau masalah UU nya gaji turun naik saya belum pernah dengar. CMIIW

  6. Mas Dodie,
    mohon bantuannya tentang perhitungan lembur, tolong dijelaskan secara rinci.:
    Kami kerja dua shift jam 06.00 s/d 18.00 siang
    18.00 s/d 06.00 shift malam. 6 hari kerja 1 hari off
    UMR kami 1.437.000,- pertanyaan kami :
    1. hari biasa shift siang brp jam lemburnya
    2. hari biasa sfift malam brp jam lemburnya
    3. kalau terkena hari sabtu brapa jam lembur
    4. hari minggu berpa jam lemburnya,

    untuk lebih jelasnya saya mohon Mas.Dodie membuat rincian secara tepat,

    sekali lagi mohon bantuannya,karna saya bingung membuat etimasinya,saya baru kerja di HRD, direktur saya mengintruksikan membuat rincian yang tepat, dengan tidak merugikan buruh dan tentunya perusahaan tidak rugi,

    terimakasih sebelumnya,
    asariegayo.bti@gmail.com
    hp saya 0813 5005 8449

    • Mas Arie,
      Kalau menurut data yang dijelaskan, kalau waktu kerja 7 jam per hari = 40 jam seminggu, berarti hari ke 1-5 baik shift pagi ataupun malam dengan waktu kerja 12 jam, maka lemburnya selama 5 jam, sedangkan di hari ke-6 harusnya lama kerja 5 jam, berarti lama lembur pada hari ke 6 selama 7 jam. jadi bisa dihitung lemburnya sbb :
      Upah lembur per jam = 1/173 x 1.437.000 = 8.500
      1. Pada hari ke 1-5 upah lembur = 5 x (2×8.500) =85.000. jam ke 7 ke atas = lama jam setelah jam ke 7 x (3×8500) = ???
      2. Pada hari ke 6 upah lembur = 7 x (2×8.500) = 119.000. jam ke 8 keatas = lama jam setelah jam ke 7 x (3×8500) = ???

      kalau masuk kerja saat karyawan tsb libur = 7 jam pertama dikalikan 2×8.500, jam ke 8 dikalikan 3×8.500, jam ke 9 dst dikalikan 4×8500.
      contoh ini saya asumsikan 6 hari kerja 1 hari libur dengan hari awal kerja tidak ditentukan baik dimulai senin atau hari lainnya asalkan pada hari ke 7 karyawan tsb libur.

      untuk hari libur resmi / tanggal merah mas arie bisa coba hitung sendiri sesuai data tabel perhitungan di atas.

      CMIIW

  7. Mas,Dodie
    tolong saya belum jelas betul perhitngan poin 1 dan 2
    tolong Mas jelaskan secara detil ,umpama
    1. hari biasa lembur brp jam…. x 8.306,35
    2. hari ke enam lembur brp ….. x 8.306,35
    3. satu bulan kalau karyawan full kerja 25 hari
    karyawan tersebut brapa, upah UMR 1.437.000,-

    4. karna kalau saya melihat perhitungannya ber
    beda, ada yang mengatakan sape 1.600.000,san
    sementara dari mas Dodie cuma 561.000,-
    Tolong say Mas Dodie
    terimaksih sebelumnya

  8. Mas saya mau tanya kalau ada kary saya resign di pertengahan bulan misal tgl 18 Agustus resign gaji yang saya bayarkan proporsional yaitu Rp. 2.000.000 x 17/31 = Rp.1.096.774 dan dia punya jam lembur 40 jam maka upah lembur yang saya bayar perhitungan dan jumlahnya berapa ?
    Thanks ya mas dodie

  9. Mas dodie mhn info
    unt.hari kerja 8 jam sehari/40jam seminggu, jam lembur mulai dihit setelah 1jam (jam ke 10) dan 1jam itu dianggap waktu istirahat pada hal jam ke.9 sudah mulai lembur, dan setiap 4 jam berikutnya dianggap 1 jam istirahat tidak dihitung lembur
    untk hari ke 6 setiap 5 jam dianggap 1 jam istirahat tdk dihit lbr
    contoh:
    lbr hr kerja mulai pk.06.00 s/d 18.00= jml lembur 3 jam; 1 jam dianggap istirahat dan perhit= 1x 1,5xtarip lbr + 2 x 2x.tarip lbr (tarip sesuai 1/173 gj)
    lbr hr ke 6/7 kerja mulai pk,06.00 s/d 18.00= jml lembur 10 jam, setiap 5 jam dianggap istirahat 1 jam tdk dihitung lbr
    perhit: 7jam x 2xtarip + 2jam x3xtarip + 1jam x 4xtarip
    mhn petunjuk apakah diperbolehkan tata cara pemotongan tsb
    matur suwun jawabannya
    riwayanto

  10. mau tny gmn kl perhitungan lmbr ny dg total jam lembur nya 13.11 jam hari kerja = 6 hr dilakukan lmbr pd hr krj biasa…mohon bntuannya..tk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: